Suatu kegiatan haruslah dilakukan dengan etika atau
norma-norma yang berlaku di masyarakat bisnis. Etika atau norma-norma ini
digunakan agar para pengusaha tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan dan
usaha yang telah dijalankan memperoleh simpati dari berbagai pihak. Pada
akhirnya, etika tersebut ikut membentuk pengusaha yang bersih dan dapat
memajukan serta membesarkan usaha yang
dijalankan dalam waktu yang relatif lebih lama.
Dalam etika berusaha perlu ada ketentuan yang
mengaturnya. Adapun ketentuan yang diatur dalam etika wirausaha secara umum
adalah sebagai berikut :
1. Sikap
dan prilaku seorang pengusaha harus mengikuti norma yang berlaku dalam suatu
negara atau masyarakat.
2. Penampilan
yang ditunjukan seseorang pengusaha harus selalu apik, sopan, terutama dalam
menghadapi situasi atau acara-acara tertentu.
3. Cara
berpakain pengusaha juga harus sopan dan sesuai dengan tempat dan waktu yang
berlaku.
4. Cara
berbicara seorang pengusaha juga mencerminkan usahanya, sopan, penuh tata
krama, tidak menyinggung atau mencela orang lain.
5. Gerak-gerik
pengusaha juga dapat menyenangkan orang lain, hindarkan gerak-gerik yang dapat
mencurigakan.
Kemudian,
etika atau norma yang harus ada dalam benak dan jiwa setiap pengusaha adalah
sebagai berikut :
1. Kejujuran
Seorang pengusaha
harus selalu bersikap jujur, baik, dalam berbicara maupun bertindak. Jujur ini
perlu agar berbagai pihak percaya terhadap apa yang akan dilakukan. Tanpa
kejujuran, usaha tidak akan maju dan tidak di percaya konsumen atau mitra
kerjanya.
2. Bertanggung
Jawab
Pengusaha harus
bertangungjawab terhadap segala kegiatan yang dilakukan dalam bidang usahanya.
Kewajiban terhadap berbagai pihak harus segera diselesaikan. Tanggung jawab
tidak hanya terbatas pada kewajiban, tetapi juga kepada seluruh karyawannya, masyarakat
dan pemerintah.
3. Menepati
Janji
Pengusaha
dituntut untuk selalu menepati janji, misalnya dalam hal pembayaran, pengiriman
barang atau penggantian. Sekali seorang pengusaha ingkar janji hilanglah
kepercayaan pihak lain terhadapnya. Pengusaha juga harus konsisten terhadap apa
yang telah dibuat dan disepakati sebelumnya.
4. Disiplin
Pengusaha
dituntut untuk selalu disiplin dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan
usahanya, misalnya dalam hal waktu pembayaran atau pelaporan kegiatan usahanya.
5. Taat
Hukum
Pengusaha harus
selalu patuh dan menaati hukum yang berlaku, baik yang berkaitan dengan
masyarakat ataupun pemerintah. Pelanggaran terhadap hukum dan peraturan telah
dibuatkan berakibat fatal dikemudian hari. Bahkan, hal itu akan menjadi beban
moral bagi pengusaha apabila tidak diselesaikan segera.
6. Suka
Membantu
Pengusaha secara
moral harus sanggup membantu berbagai pihak yang memerlukan bantuan. Sikap
ringan tangan ini dapat ditunjukan kepada masyarakat dalam berbagai cara.
Pengusaha yang terkesan pelit akan dimusuhi oleh banyak orang.
7. Komitmen
dan Menghormati
Pengusaha harus
komitmen dengan apa yang mereka jalankan dan menghargai komitmen dengan
pihak-pihak lain. Pengusaha yang menjungjung komitmen terhadap apa yang telah
diucapkan atau disepakati akan dihargai ol;eh berbagai pihak.
8. Mengejar
Prestasi
Pengusaha yang
sukses harus selalu berusaha mengejar prestasi setinggi mungkin tujuannya agar
perusahaan dapat terus bertahan dari waktu ke waktu. Prestasi yang berhasil
dicapai perlu terus ditingkatkan. Disamping itu, perusaha juga harus tahan
mental tidak mudah putus asa terhadap berbagai kondisi dan situasi yang
dihadapi.
Etika
yang berlakukan oleh pengusaha terhadap berbagai pihak memiliki tujuan-tujuan
tertentu. Tujuan etika tersebut harus sejalan dengan tujuan perusahaan. Di
samping memiliki tujuan, etika juga sangat bermanfaat bagi perusahaan apabila
dilakukan secara sungguh-sungguh. Berikut ini beberapa tujuan etika yang selalu
ingin dicapai oleh perusahaan :
1. Untuk
persahabatan dan pergaulan
Etika dapat
meningkatkan keakraban dengan karyawan, pelanggan atau pihak-pihak lain yang
berkepentingan. Suasana akrab akan berubah menjadi persahabatan dan menambah
luasnya pergaulan. Jika karyawan, pelanggan, dan masyarakat menjadi akrab,
segala urusan akan menjadi lebih mudah dan lancar.
2. Menyenangkan
orang lain
Sikap
menyenangkan orang lain merupakan sikap yang mulia. Jika kita ingin dihormati,
kita harus menghormati orang lain. Menyenangkan orang lain berarti membuat
orang menjadi suka dan puas terhadap pelayanan kita. Jika pelanggan merasa
senang dan puas atas pelayanan yang diberikan, diharapkan mereka akan
mengulangnya kembali suatu waktu.
3. Membujuk
pelanggan
Setiap calon
pelanggan memiliki karakter tersendiri. Kadang-kadang seorang calon pelanggan
perlu dibujuk agar mau menjadi pelanggan. Berbagai cara dapat dilakukan
perusahaan untuk membujuk calon pelanggan. Salah satu caranya adalah melalui
etika yang ditunjukkan seluruh karyawan perusahaan.
4. Mempertahankan
pelanggan
Ada anggapan
mempertahankan pelanggan jauh lebih sulit dari pada mencari pelanggan. Anggapan
ini tidak seluruhnya benar, justru mempertahankan pelanggan lebih mudah karena
mereka sudah merasakan produk atau layanan yang kita berikan. Artinya, mereka
sudah mengenal kita lebih dahulu. Melalui pelayanan etika seluruh karyawan,
pelanggan lama dapat dipertahankan karena mereka sudah merasa puas atas layanan yang diberikan.
5. Membina
dan menjaga hubungan
Hubungan yang sudah
berjalan baik harus tetap dan terus dibina. Hindari adanya perbedaan paham atau
konflik. Ciptakan hubungan dalam suasana akrab. Dengan etika hubungan yang
lebih baik dan akrab pun dapat terwujud.
ASSALAMU,ALAIKUM NAMA SAYA (IBU LUSI RAHMA) TKW DI SINGAPURA
BalasHapusMaaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yang jelasnya inilah kenyataan nya…
Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 275 juta untuk uang indo namun,saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama MBAH H SYARIF di Nomor Telpon (0816.2719.17) di jamin bantuan beliau 100% …
INILAH JENIS PESUGIHAN BANTUAN DARI MBAH H SYARIF
1.PESUGIHAN
2.TOGEL 2D-3D-4D-5D-6D
3.DANAH GHAIB
4.PENGGANDAAN UANG
5.UANG BALIK
6.PEMIKAT
7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
8.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
Untuk Bicara Klik Disini Mbah H Syarif
Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan saya di SINGAPURA semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan Hubungi MBAH H SYARIF. di nomor (0816271917) Anda tidak usah ragu atau hal semacamnya sebab saya dan yang lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi atas bantuan nya aki wassalam.
Untuk Bicara Klik Disini Mbah H Syarif
Saya memiliki usaha untuk mnjual cap
BalasHapus